ANDA PERLU BUKU SENI DAN BUDAYA, hubungi 0857-2994-6859 atau http://www.facebook.com/buku.rupa

19 Desember 2010

Candi Bojong


Lokasi :
Dsn.Bojong, Ds.Mendut, Kec.Mungkid, Kab.Magelang.
Batu sisa candi bojong
Sejarah :
Candi Bojong diperkirakan adalah sebuah candi buddha yg berlokasi diantara candi mendut dan candi pawon. Keterangan mengenai keberadaan candi ini tertulis dalam buku Jacques Dumarcay yg menyebutkan bahwa sisa-sisa candi ini ditemukan oleh C.Voute dan belum dapat digali sebagaimana mestinya karena
berada di makam desa.

Dari hasil peninjauan ke lokasi dusun bojong ternyata tidak banyak warga desa yg tahu bahwa pernah ada sebuah candi disini. Bahkan di lokasi makam yg menurut buku dumarcay disebutkan adalah lokasi candi juga tidak terdapat sisa-sisa batu-batu candi. Setelah bertanya kepada beberapa orang akhirnya keberadaan sisa candi bojong dapat saya ketahui, yaitu ada seorang warga desa yg menyimpan satu buah batu andesit yg setelah saya lihat dapat dipastikan bahwa itu sebuah batu candi. Batu tersebut hanya tinggal satu2nya dan ditemukan pada saat warga tersebut sedang menggali diladang miliknya. Lokasi penemuan memang tidak jauh dari makam desa.

Batu sisa candi bojong yg disimpan warga
Batu ini ditemukan tidak jauh dari makam desa
Diceritakan oleh warga tersebut bahwa selain batu yg disimpan tersebut ada juga sebuah lumpang yg sudah terbelah yg saat ini berada didepan rumahnya.

Lumpang terbelah sisa candi bojong yg berada didepan rumah warga
Pernah juga ditemukan batu andesit dimakam desa yg sekarang sudah dihancurkan untuk pondasi rumah. Akhirnya dari sedikit keterangan dan bukti tersebut dapat diketahui dan dipastikan bahwa antara candi mendut dan candi pawon dulu terdapat Candi Bojong.

*Sumber : http://tarabuwana.blogspot.com/2010/09/candi-bojong.html

0 komentar:

Poskan Komentar