ANDA PERLU BUKU SENI DAN BUDAYA, hubungi 0857-2994-6859 atau http://www.facebook.com/buku.rupa

11 Januari 2011

Sunan Ampel

Sunan Ampel adalah salah satu Wali Songo, yang menyebarkan Islam di Jawa. Dia dapat dianggap sebagai titik fokus dari wali songo, karena beberapa dari mereka adalah keturunan dari dia dan / atau belajar dengan dia.

legenda lokal mengatakan bahwa ia membangun masjid besar Demak Masjid_Agung_Demak di 1479 Masehi, tetapi legenda lain atribut yang bekerja untuk Sunan Kalijaga.


Sebuah silsilah panjang menunjukkan bahwa Sunan Ampel adalah keturunan dari Ahmad al-Muhajir, seorang santo Hadhramaut yang bermigrasi dari Basra (sekarang di Irak) ke Yaman untuk menghindari perselisihan selama kekhalifahan Abbasiyah.

Namun, klaim teori lain bahwa Sunan Ampel memiliki keturunan Cina dan mengidentifikasi dia sebagai Bong SWI Hoo.
Kedua teori ini tidak saling eksklusif, karena umat Islam dari Cina berinteraksi secara menyeluruh dengan Asia Tenggara pada masa Zheng He. Ini juga umum untuk seorang pria Muslim untuk menikahi wanita lokal ketika menetap jauh dari negara asalnya.

Ayah dari Sunan Ampel adalah Maulana Malik Ibrahim juga dikenal sebagai Ibrahim as-Samarkandy ("Ibrahim Asmarakandi" untuk telinga Jawa). Ibunya adalah seorang putri Champa dan Sunan Ampel lahir di sana pada 1401 Masehi.

Sunan Ampel datang ke Jawa pada 1443 Masehi, mungkin untuk mengunjungi Dwarawati bibinya, seorang putri Champa yang menikah dengan Kertawijaya, raja Majapahit.

Sunan Ampel menikah dengan Nyi Gede Manila, putri seorang kapten Cina di Tuban yang bernama Gan Eng Cu. Pernikahan ini menghasilkan beberapa anak: putra Sunan Bonang dan Sunan Drajat menjadi wali songo; putri Syarifah menjadi istri Sunan Ngudung dan ibu Sunan Kudus; dan anak perempuan lain menjadi istri pertama Raden Patah dan ibu Trenggana, yang menggantikan ayahnya sebagai pemimpin Kesultanan Demak.
Beberapa sumber menyatakan bahwa Raden Patah adalah sepupu Sunan Ampel.

Sunan Ampel meninggal di Demak pada tahun 1481 Masehi.

0 komentar:

Poskan Komentar